PU LEATHER, KULIT JENIS APA ITU? - LEATHERNESIA

PU LEATHER, KULIT JENIS APA ITU?

6 bulan yang lalu    
PU LEATHER, KULIT JENIS APA ITU?

PU dalam ‘PU Leather’ adalah singkatan untuk poliuretan. Kulit PU adalah salah satu bahan tas yang paling populer belakangan ini di dunia fashion. Ini adalah bahan buatan manusia (sintetis) dan biasanya dinamai oleh kulit imitasi, materi baru di pasar saat ini.

Dalam proses penyamakan kulit, kulit akan ditipiskan menurut kebutuhan. Umumnya kulit dibelah menjadi 2 bagian, bagian atas yang mempunyai lapisan asli disebut NERF sementara bagian bawah yang tidak mempunyai lapisan kulit asli disebut SPLIT.

Kulit dengan NERF ASLI sering disebut sebagai kulit (Genuine Leather) sedangkan SPLIT dapat diolah dengan memberikan lapisan kulit sintetik (laminating PU) disebut Kulit SPLIT ( Action Leather, PU SPLIT).

Di Indonesia, Kulit Nerf sering digunakan sebagai produk kulit untuk sepatu, tas, sabuk dengan harga yang lumayan mahal, sedangkan bagian SPLIT sebelum diolah lebih lanjut pada proses penyamakan banyak dipakai sebagai KULIT RAMBAK. Hanya beberapa pabrik di Indonesia yang mengolah SPLIT sebagai PU SPLIT karena Teknologi yang dipakai lumayan canggih.
Dipasaran kedua kulit ini menjadi rancu dan sulit dibedakan satu dengan lainnya. Umumnya penjual selalu mencampur istilah ini. Umumnya Dompet dari China merupakan PU SPLIT. Untuk membedakan secara tekstur (Kasat Mata) sangat sulit. PU SLPIT sering kali mempunyai tekstur dan motif yang lebih menarik (Hampir menyerupai Bahan Synthetis/PU). Sedangkan Kulit Nerf Asli umumnya dibuat tekstur asli atau sedikit koreksi emboss dengan berbagai motif yang diinginkan.

Tas Kulit PU

Bagaimana membedakan kedua jenis kulit ini dipasaran. Untuk yang masih awam memang sulit sekali membedakan dengan kasat mata berdasarkan tekstur dan bau.

Ada beberapa cara:

Dengan jarum/peniti, tusukkan pada bagian kulit kurang lebih 0,5-1 mm tarik keatas pelan-pelan, jika serat langsung putus umumnya NERF ASLI (Genuine Leather)
Jika jarum/peniti ditarik (sambil diangkat pelan-pelan) jika sedikit molor menyerupai karet, bisa dipastikan PU SPLIT (Action Leather).

Kulit PU SPLIT banyak ditemukan pada produk Jok Mobil Mewah dan PU SPLIT mempunyai umur pakai rata-rata 4 tahun banyak kasus pada Jok Mobil dan tas import lapisan laminating mulai kasar dan mengelupas dan agak sulit untuk diperbaiki dan koreksi.
Untuk yang sudah mahir, kulit asli memberikan hawa dingin ketika dipegang, sedangkan PU Split sedikit memberikan hawa hangat karena mengandung lapisan plastik dan karet yang cukup tebal.
Sedangkan bahan Synthetis (imitasi/PU) akan memberikan hawa lebih hangat.
Sedangkan trik dengan membakar kulit dengan korek gas 3-6 detik bisa dilakukan namun jarang penjual merekomendasi cara ini, karena jika salah aplikasi justru merusak barang.

Ada dua jenis bahan penyusun kulit sintetis yang sering digunakan, yaitu PU/PUR (polyutherane) dan PVC (polyvnylchlorida) yang diletakkan di atas serat seperti katun (biasanya terbuat dari PP (Poly Propilene) atau PE (poly ester)) . kulit sintetis akan mengelupas ketika ikatan antara polymer-polymer itu pecah atau keluar ke udara. kulit yang terbuat dari PVC tidak dapat dicuci sedangkan kulit yg terbuat dari PU dapat dicuci.

Kesimpulannya semua kulit sintetis yang terbuat dari bahan polymer bisa mengelupas, permasalahannya ada yang mengelupas lebih cepat ada yang lebih tahan lama.
Untuk membedakkannya dapat dilihat dari tekstur kulit sintetis tersebut:
1. Semakin lembut dan phorous (berpori) sehingga terasa empuk maka akan semakin mudah mengelupas,
2. Semakin membal (mirip karet) atau semakin plastiki (mirip plastik, licin, keras) semakin awet kulit tersebut,
Hal ini disebabkan semakin lembut suatu bahan semakin sedikit ikatan antara polymer. Sedikitnya ikatan antara polymer ini sengaja dibuat untuk memberikan tekstur yang lebih mendekati kulit. dan perlu diingat hal ini tidak dipengaruhi harga, tas murah biasanya menggunakan bahan baku murah yg sedikit mengalami perlakuan untuk memberikan tekstur yang menyerupai kulit sehingga justru lebih awet, sedangkan tas mahal lebih menyerupai kulit yang justru membuatnya lebih mudah mengelupas.
Ada bahan-bahan yang mahal dan juga awet tapi biasanya keras dan digunakan sebagai bahan baku jok mobil.
Lalu bagaimana? kalau semua kulit sintetis bisa nglupas lebih baik beli kulit asli saja. Hal ini tentu kurang tepat, ingat harga kulit asli sangat mahal dibandingkan kulit sintetis, dimana kulit sintetis dijual permeter (100cm x 135 cm) atau peryard (90cm) sedangkan kulit asli perfeet persegi(30x30cm) belum lagi banyak sisa kulit yang terbuang karena ukuran yang tidak homogen, waktu pengerjaan yang lama, dan ongkos pengerjaan yang jauh lebih tinggi. dan sekarang sudah banyak beredar PU Leather impor berkualitas tinggi yang secara estetis dan daya tahan sangat baik dan tahan lama.



Komentar Artikel "PU LEATHER, KULIT JENIS APA ITU?"